Buku Panduan untuk Permakultur “Menuju Hidup Lestari”

In E Book, Permaculture by Hamba AllahLeave a Comment

Kampungmuslim.org – Buku ini bertujuan untuk menawarkan pengetahuan dan teknik sederhana membangun lingkungan yang baik dan berkelanjutan, menguatkan kembali masyarakat, dan memperbaiki ekonomi setempat. Isi dari buku ini berdasar pada konsep- konsep ekologi sejati, hubugan-hubungan antara lingkungan dan budaya, serta prinsip dan etika dari pembangunan masyarakat berkelanjutan.

Menggabungkan teknik sederhana dengan teknik modern dalam mengelola sumber daya alam, menghasilkan pangan, perumahan, dan sumber energi. Teknik-teknik tersebut menawarkan solusi yang bisa diintegrasikan dengan masalah-masalah umum yang dihadapi oleh masyarakat petani di Indonesia saat ini.

‘Permakultur – Menuju Hidup Lestari’ dibuat dalam bahasa yang sederhana berikut ilustrasi ringan sehingga mudah dipahami oleh siapa saja.

Permakultur dapat dipandang sebagai sebuah filsafat dan gaya hidup berkelanjutan yang menggabungkan berbagai komponen seperti pengetahuan ekologis (proses-proses natural dan saling berkaitan yang terjadi di alam); kemampuan manusia untuk mendesain sistim produksi semisal pertanian dan peternakan; pemanfaatan teknologi tepat guna dan ramah lingkungan; serta kesadaran untuk bekerjasama dengan budaya dan lingkungan setempat.

Secara umum permakultur dapat diartikan sebagai permanen- agrikultur yaitu mengelola pertanian dan peternakan secara berkelanjutan dengan menjaga atau memperbaiki kualitas alam; dan permanen-kultur yaitu melestarikan, mendukung dan bekerjasama dengan budaya dan lingkungan setempat. Permakultur yang dilandasi oleh etika dasar peduli terhadap bumi, terhadap masyarakat, dan generasi mendatang akan sangat besar manfaatnya bagi kita untuk memahami dan menciptakan perpaduan yang harmonis antara manusia dan alam.

Namun kenyataan yang ada adalah manusia yang dalam memenuhi kebutuhan dan keinginannya telah banyak merusak alam beserta isinya, termasuk menciptakan keadaan yang mengancam dirinya sendiri. Lihat saja polusi dan kerusakan habitat yang terjadi, diantaranya oleh sistem pertanian dan peternakan monokultur sekala besar berikut pemakaian zat-zat kimia berbahaya. Belum lagi percobaan-percobaan rekayasa genetika yang sangat beresiko dan bertentangan dengan kaidah-kaidah alam.

Semoga dengan adanya buku panduan sederhana ini, dapat membuka gerbang ilmu pengetahuan kita tentang bagaimana mengelola dan menjaga hubungan kita terhadap alam semesta dan segala isinya, manusia, yang pada akhirnya menjadi sebentuk pengabdian akan ketaatan kita terhadap Tuhan yang Satu.

Insya Allah

Buku Panduan Permakultur 'Menuju Hidup Lestari.

Silahkan unduh e-book nya di bawah ini.

Download
Sebarkan Kebaikan dan Kebenaran:

Leave a Comment