Dajjal dan Simbolisme (Video Lecture)

In Dajjal, Video by Hamba Allah0 Comments

Kampungmuslim.org – Apa itu simbol? Simbol adalah bahasa yang tidak menyampaikan makna secara langsung dan jelas. Bahasa yang mewakili sesuatu yang lain dan karena itu harus ditafsirkan. Dalam Al-Qur’an Allah SWT menggunakan simbolisme. Misalnya Nabi Allah SWT, Yusuf AS memiliki mimpi di mana ia melihat matahari, bulan dan sebelas bintang. Para seniman dan orang lain pada umumnya mungkin sudah membayangkan matahari, bulan dan sebelas bintang. Namun pada hakikatnya ini adalah sebuah simbol dimana:

  • Matahari mewakili ayahnya,
  • Bulan mewakili ibunya,
  • dan sebelas bintang mewakili sebelas saudaranya.

Begitu pula dengan Nabi Ibrahim ‘alaihis salaam dimana dalam visi dia, ia melihat dirinya mengorbankan anaknya. Tapi ini belum dipahami dengan jelas dan benar, karena ketika visi tersebut telah diterima di hatinya, dia siap untuk menjalankanya. Dan Allah SWT berfirman “Cukup… Anda telah memenuhi visi!”

Jadi mengorbankan anaknya adalah sebuah simbol yang mewakili sesuatu yang lain. Menurut pendapat saya dan Allah yang Maha Mengetahui “simbol tersebut melambangkan pengorbanan bangsa Arab yang akan terjadi.”

Dan yang paling penting dari semuanya adalah Allah SWT menggunakan simbolisme untuk menjelaskan Nur-Nya | Nur-Nya | Cahaya-Nya.

Dia mengatakan bahwa Allah SWT adalah Nur dari samawat dan bumi dan kemudian kembali menggunakan simbolisme untuk mengatakan Nur-Nya adalah seperti rongga.

  • Dan Nabi Muhammad SAW menyebutkan bahwa rongga tersebut berada di dalam hati orang-orang beriman.
  • Dan dalam ronga tersebut ada sebuah lampu dimana lampu tersebut terbungkus dengan kaca yang berkilauan seperti bintang bersinar terang benderang.
  • Dan bahan bakar lampu tersebut adalah minyak dari pohon zaitun.

Inilah contoh hal yang luar biasa dan menakjubkan dari simbolisme Ilahi.

Tapi simbol haruslah diselami dan dipahami, dan kadang-kadang kita membutuhkan lebih dari sebuah pemikiran rasional.

Kadang-kadang kita membutuhkan lebih dari logika dan rasionalitas untuk dapat memahami dan mengartikan simbol.

Kadang-kadang kita perlu sesuatu yang disebut sebagai wawasan internal – wawasan internal kerohanian – dan wawasan tersebut tidak dijual di Pasar Saham!

Dan sekarang subjek kita adalah Dajjal dan Simbolisme. Dan kita harus mulai dengan memperkenalkan Dajjal.

Oleh Sheikh Maulana Imran Nazar Hosein


Berikut ceramah lengkapnya di bawah ini:

Leave a Comment