Surah Al-Kahfi dan Zaman Modern (Video Lecture)

In Epistimologi, Video by Hamba Allah0 Comments

Kampungmuslim.org – Video Lecture berikut adalah sebuah penuturan mengenai kaitan antara Surah Al Kahf dan zaman modern dimana kita berada hari ini, yang dikupas dari sudut pandang dan metode pemahaman yang khas dan logis serta bagaikan air hujan yang turun di musim kemarau yang berkepanjangan yang disampaikan oleh Sheikh Maulana Imran Nazar Hosein.

Kami berlindung kepada Allah dari godaan syaitan yang terkutuk.

Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Segala puji bagi Allah yang telah menurunkan kepada hamba-Nya Al Kitab (Al-Qur’an) dan Dia tidak mengadakan kebengkokan [Tidak ada dalam Al-Quran itu makna-makna yang berlawananan dan tak ada penyimpangan dari kebenaran] di dalamnya; (1)

Sebagai bimbingan yang lurus, untuk memperingatkan siksaan yang sangat pedih dari sisi Allah dan memberi berita gembira kepada orang-orang yang beriman, yang mengerjakan amal saleh, bahwa mereka akan mendapat pembalasan yang baik; (2)

Mereka kekal di dalamnya untuk selama-lamanya. (3)

Dan untuk memperingatkan kepada orang-orang yang berkata: “Allah mengambil seorang anak.” [banyaknya kaum/ bangsa yang beranggapan dan berpendapat bahwasanya Tuhan memiliki seorang anak]; (4)

Mereka sekali-kali tidak mempunyai pengetahuan tentang hal itu, begitu pula nenek moyang mereka. Alangkah buruknya kata-kata yang keluar dari mulut mereka; mereka tidak mengatakan (sesuatu) kecuali dusta. (5)

Maka (apakah) barangkali engkau [Muhammad sallallahu ‘alaihi wasallam beserta para pengikutnya] akan membunuh dirimu karena bersedih hati setelah mereka berpaling [dari kebenaran], sekiranya mereka tidak beriman kepada keterangan ini (Al-Qur’an). (6)

Sesungguhnya Kami telah menjadikan apa yang di bumi sebagai perhiasan baginya, agar Kami menguji mereka siapakah di antara mereka yang terbaik perbuatannya. [Setiap zaman dalam peradaban manusia memiliki kemegahan dan keindahannya tersendiri termasuk di zaman modern ini dan merupakan perhiasan yang sangat menggiurkan manusia yang tidak lain adalah sebentuk ujian besar bagi kaum yang beriman]; (7)

Dan sesungguhnya Kami benar-benar akan menjadikan (pula) apa yang di atasnya menjadi tanah rata lagi tandus. [Bahwasanya setiap kemajuan dan kemegahan sebuah peradaban pasti akan berakhir dengan tragis dan akan kembali merumput bersama tanah dan adakah kita manusia selalu lupa untuk belajar dari sejarah?]. (8)

Atau kamu mengira bahwa orang-orang (para pemuda) yang mendiami gua dan (yang mempunyai) raqim [kitab suci] itu, mereka termasuk tanda-tanda kekuasaan Kami yang mengherankan? [Salah satu bukti kekuasaan Allah dalam menunjukkan kepada manusia tentang hal-hal Ghaib-Nya terutama dalam ruang dan dimensi waktu bumi dan samawat serta kaitannya dengan status dajjal di ruang, waktu dan dimensi bumi] ;(9)

(Ingatlah) tatkala para pemuda itu mencari tempat berlindung ke dalam gua, lalu mereka berdo’a: “Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini).” [Ketika sebuah peradaban manusia telah sampai kepada kehidupan yang semakin tidak berTuhan, tidak bermoral, penuh dengan kebodohan dan kezaliman serta fasad, maka para pemuda muslim walau berjumlah sedikit, mereka memiliki tanggung jawab yang sangat besar dalam mengembalikan dan menjaga kemurnian/ keotentikan dan kesucian ilmu dan tuntunan Allah dalam hal ini pada zaman ini adalah tidak lain Al-Qur’an dan Sunnah]. (10)

[Al-Qur’an Surah Al-Kahf; 18 Ayat 1 – 10]

Semoga diantara setiap Jum’at mulai dari Jum’at ini dan jum’at pekan depan hingga di jumat akhir, kita akan terus terhindar dari fitnah dajjal melalui peradaban modern yang tidak ber-Tuhan di akhir zaman ini serta terus mendapatkan hidayah dan tuntunan serta hikmah dari Allah dalam meraih Islam, Iman dan Ihsan. InsyaaAllah.


Bukankah Al-Qur’an telah menyatakan, bahwa Al-Qur’an diturunkan untuk dapat menjelaskan segala sesuatu? Jadi Al-Qur’an pasti dapat menjelaskan segala hal yang terjadi di dunia ini termasuk zaman modern dimana kita berada hari ini. Simak penjelasannya dalam video ceramah berikut di bawah ini.

Bagian I:


Bagian II:

Alih bahasa video oleh Multipengki

image_pdfimage_print

Leave a Comment