Pembagian Al Qur'an Menjadi Juz untuk Mengkhatamkan Al Qur'an dalam Satu Bulan Hijriah (E Book)

In E Book, Metodologi by Hamba AllahLeave a Comment

Cara yang Benar dan yang Keliru

Essay ini merupakan satu bab dalam buku saya selanjutnya yang berjudul: “Al-Qur‟an dan Bulan – Metodologi Membaca Al-Qur‟an

ۚاِنَّ عَلَيْنَا جَمْعَهٗ وَقُرْاٰنَهٗ

ۚفَاِذَا قَرَأْنٰهُ فَاتَّبِعْ قُرْاٰنَهٗ

ۗثُمَّ اِنَّ عَلَيْنَا بَيَانَهٗ

(Al-Qur‟an Surat Al-Qiyamah, 75: 17-19)

“Sesungguhnya atas tanggungan Kamilah mengumpulkan semua wahyu untuk menjadikannya keseluruhan, dan atas tanggungan Kamilah untuk membuatnya dibaca dengan cara seperti seharusnya Al-Qur‟an dibaca. Apabila Kami telah selesai membacakannya maka ikutilah bacaannya itu; kemudian, sesungguhnya atas tanggungan Kamilah penjelasannya.”

[Al-Qur‟anul Karim tidak bisa diterjemahkan ke dalam bahasa apa pun, maka dengan demikian kami hanya berupaya, sebagaimana di atas, untuk menjelaskannya.]

Kapan Allah SWT membaca Al-Qur‟an? Pemahaman kami yaitu Dia membacanya melalui Malaikat Jibril yang turun dengan bacaan ilahi tersebut untuk disampaikan kepada baginda Nabi (saw) pada setiap malam Ramadhan, dan yang menyelesaikan bacaan seluruh Al-Qur‟an dalam satu bulan hijriah tersebut.

INH Di Kepulauan Karibia Trinidad

Sya’ban 1441H/April 2019

Daftar Surah bacaan Al-Qur’an dalam satu bulan hijriah sesuai dari arahan Sheikh Imran Hosein. Ketika hilal terlihat pada hari ke 29 maka seluruh bacaan hari ke 30 diselesaikan pada hari ke 29, namun jika hilal belum terlihat maka tetap disesuaikan dengan jadwal dari daftar bacaan Surah Al-Qur’an yang tertera di bawah ini.

PEMBAGIAN AL-QUR’AN MENJADI JUZ UNTUK MENGKHATAMKAN AL-QUR’AN DALAM SATU BULAN.PDF

Oleh Sheikh Imran Nazar Hosein

Unduh di Sini

Leave a Comment