Tabiat Mayoritas Manusia Menurut Al-Qur’an

In Opini by Hamba AllahLeave a Comment

Kampungmuslim.org – Mari kita melihat, tabiat asli kebanyakan manusia, keberadaan umumnya manusia dan seperti apa kehidupan mereka.

Manusia pada umumnya tidak beriman.

إِنَّهُ الْحَقُّ مِنْ رَبِّكَ وَلَكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لا يُؤْمِنُونَ

“Sesungguhnya (al Qur’an) itu benar-benar dari Robbmu, tetapi kebanyakan manusia tidak beriman.”

[Al-Qur’an Surah Hud; 11: 17]
Manusia pada umumnya menolak ajaran Kebenaran.

وَلَقَدْ صَرَّفْنَا لِلنَّاسِ فِي هَذَا الْقُرْآنِ مِنْ كُلِّ مَثَلٍ فَأَبَى أَكْثَرُ النَّاسِ إِلا كُفُورًا

“Dan sesungguhnya Kami telah mengulang-ulang kepada manusia dalam al-Qur’an ini tiap-tiap macam perumpamaan, tapi kebanyakan manusia tidak menyukai kecuali mengingkari(nya).”

[Al-Qur’an Surah Al-Isra; 17: 89]
Manusia pada umumnya mereka membenci/menolak Kebenaran.

وَأَكْثَرُهُمْ لِلْحَقِّ كَارِهُونَ

“Dan kebanyakan mereka benci kepada kebenaran.”

[Al-Qur’an Surah Al-Mukminun; 23: 70]
Manusia pada umumnya senang berbuat curang/zalim.

وَإِنَّ كَثِيرًا مِنَ الْخُلَطَاءِ لَيَبْغِي بَعْضُهُمْ عَلَى بَعْضٍ إِلا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَقَلِيلٌ مَا هُمْ

“Dan sesungguhnya kebanyakan dari orang-orang yang berserikat itu sebagian mereka berbuat zalim kepada sebagian yang lain, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh; dan amat sedikit lah mereka ini.”

[Al-Qur’an Surah Shad; 38: 24]

Allah azza wa jalla mengabarkan bahwa orang yang benar itu jumlahnya sedikit, akan tetapi sedikit itu tidak membahayakan dirinya.

Manusia pada umumnya memegang prinsip yang hanya berbasis kepada dugaan belaka sehingga fitnah pun menjadi makanan sehari-hari.

وَمَا يَتَّبِعُ أَكْثَرُهُمْ إِلا ظَنًّا إِنَّ الظَّنَّ لا يُغْنِي مِنَ الْحَقِّ شَيْئًا إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ بِمَا يَفْعَلُونَ

“Dan kebanyakan mereka tidak mengikuti kecuali persangkaan saja. Sesungguhnya persangkaan itu tidak sedikitpun berguna untuk mencapai kebenaran. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka kerjakan.”

[Al-Qur’an Surah Yunus; 10: 36]
Manusia pada umumnya bodoh (ignorance), tidak tahu dan bahkan tidak mau tahu akan Kebenaran.

وَلَكِنَّ أَكْثَرَهُمْ يَجْهَلُونَ

“Tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui.”

[Al-Qur’an Al-An’am; 6: 111]

Inilah umumnya sifat manusia, jika mereka mengikuti umumnya pasti akan rusak pondasi spiritual dan akhlaknya, dan pasti akan hina hidupnya di dunia dan di akhirat sehingga Allah menyebut mereka layaknya hewan ternak.

“Dan jika kamu menuruti kebanyakan orang-orang yang di muka bumi ini, niscaya mereka akan menyesatkanmu dari jalan Allah. Mereka tidak lain hanyalah mengikuti persangkaan belaka, dan mereka tidak lain hanyalah berdusta (terhadap Allah).”

[Al-Qur’an Surah Al-An’am; 6 Ayat 116]
Sebarkan Kebaikan dan Kebenaran:

Leave a Comment